Desa Tongke-Tongke

Kec. Sinjai Timur
Kab. Sinjai - Sulawesi Selatan

 

Info
Selamat datang di Website resmi Pemerintah Desa Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. Ini adalah ruang media informasi desa sebagai sarana komunikasi dan keterbukaan informasi publik. Jangan lupa selalu ikuti website dan media sosial kami untuk update informasi dalam penyelenggaran pemerintahan di Desa Tongke-Tongke. Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat, kritik dan saran selalu kami harapkan untuk desa yang lebih baik. -- selengkapnya... Dimulai dari diri sendiri, mari jadi pahlawan Indonesia dengan disiplip menjalakan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, bersatu padu memutus rantai penyebaran Covid-19, jaga diri jaga keluarga dan jaga bersama. #SehatItuHebat -- selengkapnya...

Artikel

Profil PPID Desa Tongke-Tongke

DARMANSYA

11 Januari 2021

286 Kali dibuka

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DESA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa (PPID Desa) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan Informasi Publik Desa. PPID Desa ditunjuk oleh Kepala Desa dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa.

Dasar Hukum PPID Desa adalah :

  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
  2. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik
  3. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik
  4. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa

Tugas, Tanggung Jawab, dan Wewenang PPID Desa, yaitu :

  1. PPID Desa bertanggung jawab mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik Desa yang berada di Badan Publik Desa.
  2. PPID Desa dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dalam hal pengelolaan seluruh Informasi Publik Desa.
  3. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID bertugas mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik Desa secara fisik dari setiap Badan Publik Desa yang meliputi:
    1. Informasi Publik Desa yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
    2. Informasi Publik Desa yang wajib tersedia setiap saat; dan
    3. Informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  4. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID bertugas mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik Desa yang dikuasai oleh setiap Badan Publik Desa untuk pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik Desa setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing Badan Publik Desa paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan.
  5. Penyimpanan Informasi Publik Desa sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan angka 2 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan.
  6. PPID Desa bertanggung jawab mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi Publik Desa di bawah penguasaan Badan Publik Desa yang dapat diakses oleh publik.
  7. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID Desa bertugas mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik Desa melalui pengumuman dan/atau permohonan.
  8. Dalam hal kewajiban mengumumkan Informasi Publik, PPID bertugas untuk mengkoordinasikan:
    1. Pengumuman Informasi Publik Desa melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat; dan
    2. Penyampaian Informasi Publik Desa dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa dan cara yang digunakan oleh penduduk setempat.
  9. Dalam hal adanya permohonan Informasi Publik Desa, PPID Desa bertugas:
    1. Memberikan Informasi Publik Desa yang dapat diakses oleh publik setelah berkoordinasi dengan Badan Publik Desa;
    2. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan;
    3. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak; dan
    4. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.
  10. Dalam hal terdapat keberatan atas penyediaan dan pelayanan Informasi Publik Desa, PPID Desa melakukan koordinasi dengan Atasan PPID Desa.
  11. Dalam hal menyusun laporan dan evaluasi layanan informasi publik Desa, PPID Desa melakukan rekapitulasi jumlah permohonan informasi publik, jumlah permohonan informasi yang dikabulkan dan ditolak, jumlah keberatan, dan jumlah sengketa informasi.
  12. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, PPID Desa berwenang:
    1. Mengkoordinasikan setiap Badan Publik Desa dalam melaksanakan Pelayanan Informasi Publik;
    2. Memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7;
    3. Menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut; dan
    4. Menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi.

Jenis-jenis Informasi Publik Desa, yaitu :

  1. Informasi Publik Desa yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala adalah informasi publik Desa yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala oleh PPID Desa melalui media informasi yang dimiliki Desa tanpa adanya permohonan Informasi.
  2. Informasi Publik Desa yang Wajib Diumumkan Secara Serta Merta adalah informasi publik Desa yang dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum yang wajib diumumkan secara luas kepada masyarakat Desa melalui media informasi yang dimiliki Desa.
  3. Informasi Publik Desa Tersedia Setiap Saat adalah informasi publik Desa yang wajib disedikan Pemerintahan Desa dan diberikan melalui pengajuan permohonan informasi publik Desa.

Informasi yang dikecualikan adalah informasi yang dikecualikan dengan Keputusan PPID Desa sebagaimana dimaksud pada  ketentuan dalam Pasal 17 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Buku Panduan

 

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

SIRAJUDDIN

AKBAR HIJRI

AKBAR HIJRI

Sekertaris Desa

IRSAN RAMLI

IRSAN RAMLI

Kaur Keuangan

SYAMSUL QAMAR

SYAMSUL QAMAR

Kaur Perencanaan

DARMANSYA

DARMANSYA

Kaur Tata Usaha dan Umum

RAFIKA

RAFIKA

Kasi Pemerintahan

ROSMINA BENTENG

ROSMINA BENTENG

Kasi Pelayanan

MARNI

MARNI

Kasi Kesejahteraan

AGUS SYAM

AGUS SYAM

Kadus Bentengnge

IRDAWATI

IRDAWATI

Kadus Maroanging

MUDATSIR

MUDATSIR

Kadus Baccara

ANWAR SADAT

ANWAR SADAT

Kadus Babana

BAHARUDDIN

BAHARUDDIN

Kadus Cempae

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Tongke-Tongke

Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Statistik Pengunjung

Hari ini:62
Kemarin:339
Total:53.902
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.192.52.167
Browser:Tidak ditemukan

Agenda

Belum ada agenda terdata

PEMBAGIAN BLT TAHAP 10

Waktu21 Oktober 2021 09:00:00
Tempatkantor desa tongke-tongke

Perubahan ke 2 APBDesa tahun 2021

Waktu21 Oktober 2021 13:30:00
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Seminar KKN UIN ANGKATAN 67

Waktu21 Oktober 2021 15:00:00
Tempatkantor desa tongke-tongke

Pelaksanaan Vaksin

Waktu02 November 2021 09:00:00
Tempatkantor desa tongke-tongke

Pelaksanaan Vaksin I & II

Waktu06 November 2021 08:00:02
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Pelaksanaan Vaksin I & II

Waktu27 November 2021 08:01:08
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Pelaksanaan Vaksin I & II

Waktu15 Desember 2021 08:13:30
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Pelaksanaan Vaksin I & II

Waktu07 Desember 2021 08:00:02
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Pelaksanaan Vaksin I & II

Waktu25 Desember 2021 08:09:38
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Digitalisasi Desa, Tranformasi Menuju Desa Cerdas"

Waktu19 Maret 2022 08:44:07
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Penyerahan Blt tahap mei dan juni tahun 2022

Waktu07 Juni 2022 20:19:59
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Pelayanan Akte Kelahiran dan Akte Kematian

Waktu09 Agustus 2022 16:06:49
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Pembagian BLT Juli - Agustus 2022

Waktu02 Agustus 2022 09:00:00
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

LPPD Akhir Masa Jabatan priode 2017-2022

Waktu11 Agustus 2022 09:09:45
TempatKantor Desa Tongke-Tongke

Sosialisai Desa Aman Covid

Waktu25 Agustus 2022 06:38:40
TempatAula Kantor Desa

Pelatihan Kader Posyandu

Waktu25 Agustus 2022 06:40:01
TempatAula Kantor Desa

Vaksinasi

Waktu29 Agustus 2022 08:00:00
TempatKantor desa

PEMBAGIAN BLT BBM

Waktu14 September 2022 09:00:00
TempatAula Kantor Desa

Penyaluran BLT Bln Desember

Waktu21 September 2022 13:15:15
TempatAula kantor Desa

Musrembang Desa

Waktu06 Oktober 2022 00:07:50
TempatKantor Desa

Media Sosial

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

whatsapp

Transparansi Anggaran

APBDes 2022 Pelaksanaan

PENDAPATAN

AnggaranRealisasi
Rp. 2,082,015,164Rp. 1,427,987,464

BELANJA

AnggaranRealisasi
Rp. 2,142,403,107Rp. 1,097,244,910

PEMBIAYAAN

AnggaranRealisasi
Rp. -70,267,385Rp. 10,000,000

APBDes 2022 Pendapatan

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp. 1,200,976,000Rp. 549,510,400

Bagi Hasil Pajak dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp. 40,686,979Rp. 38,124,879

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp. 840,352,185Rp. 840,352,185

APBDes 2022 Pembelanjaan

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA

AnggaranRealisasi
Rp. 710,825,961Rp. 313,934,781

BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA

AnggaranRealisasi
Rp. 390,565,146Rp. 207,015,129

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

AnggaranRealisasi
Rp. 33,592,000Rp. 3,575,000

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

AnggaranRealisasi
Rp. 316,220,000Rp. 111,920,000

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA

AnggaranRealisasi
Rp. 691,200,000Rp. 460,800,000

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-5.15576954968151
Longitude:120.27508556875547

Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai - Sulawesi Selatan

Buka Peta

Wilayah Desa